Resep Cara Menciptakan Nasi Bakar Tanpa Santan

Mulai jualan nasi bakar tanpa santan lagi nih bun sesudah usang cuti habis melahirkan. Ini juga ajakan tetangga erat katanya mau dijual lagi dikantornya semoga laku manis menyerupai dulu. Ini nasi bakar tanpa santan ya jadi kekal hingga malam, masak pagi sebelum jam 6:30 pagi sudah rapi siap dijual. Yang mau resepnya nanti ya lagi siap-siap anak mau sekolah.

 lagi nih bun sesudah usang cuti habis melahirkan Resep Cara Membuat Nasi Bakar Tanpa Santan

Ternyata yang antri resep nasi bakar tanpa santan bukan bunda-bunda saja ada bapak-bapak juga. Maaf gres saja sempat duduk untuk posting resep ala indahnya riva. Ini saya tulis untuk porsi 6 takar munjung beras ya nanti akhirnya sekitar 22-25 tergantung bungkusnya. Saya kini jual sendiri dikantoran 5000, jikalau untuk orang lain mau jual lagi saya kasih harga 4000 jadi beliau dapat untung 1000.

 lagi nih bun sesudah usang cuti habis melahirkan Resep Cara Membuat Nasi Bakar Tanpa Santan

Resep Nasi Bakar Tanpa Santan

Bahan:
  • bombay 2 biji ukuran besar iris tipis
  • bawang putih 150 gr iris tipis
  • bawang merah 150 gr iris tipis
  • jamur (terserah mau jamur yang apa tapi saya pakai yang putih lebar itu apa namanya lupa)
  • kemangi beli 2000 saja
  • cabe rawit merah rajang 3 sdm dan beras pedas sedang (kalau mau lebih pedas dapat ditambah lagi), cabai ini rajang dan digoreng terpisah dari tumisan dicampur ke nasbarnya belakangan
  • garam 2 sdt
  • penyedap 2 saset (saya pakai royco boleh rasa apa saja)
  • isian terserah apa saja dapat ayam, daging, oncom tapi jikalau isian ini biasanya saya bumbuin tersendiri (kalau yang laku ya isian teri dan terinya saya goreng terpisah)
  • minyak untuk masak
  • beras 6 takar munjung
Sementara masak berasnya dulu jangan kelembekan atau kekurangan air dapat keras nasinya.

Cara Membuat Nasi Bakar Tanpa Santan

  1. Kemangi dicuci higienis tiriskan.
  2. Jamur disuwir-suwir dan basuh higienis peras hingga kering.
  3. Siapkan wajan dan minyak, tumis bombay, bawang putih, bawang merah satu persatu ya bun numisnya jangan sekaligus masuk dan tumis hingga agak kecoklatan.
  4. Masukan jamur, tumis hingga jamur kering tidak berair.
  5. Kasih bumbu penyedap dan garam.
  6. Kemangi dimasukan sesudah hampir matang jamurnya, semoga kemanginya tetep berwarna hijau.
  7. Beras yang sudah matang jadi nasi tuang ke bejana besar, campur dengan tumisan tadi hingga tercampur rata.
  8. Campur juga dengan isiannya jikalau disini saya pakai teri, campur dengan cabai rajang yang sudah matang.
  9. Itu semua campur hingga rata ya bun jangan ada gumpalan nasi yang masih putih.
  10. Bungkus dengan daun pisang, yang bagus itu daun pisang batu, daunnya nggak gampang sobek dan dibakar jadi cantik.
  11. Semat kedua ujung dengan biting trus dibakar deh.
  12. Saya bakar pakai teflon bekas.
  13. Lebih bagus hasil bakaran pakai teflon dibanding pakai bakaran sate sudah pernah coba.
  14. Api sedang saja bolak balik ya.
Coba juga yang ini bun:
 

Sudah gitu saja bun, simple ya saya siap-siapin materi dan tumis itu malam. Besok pagi gres dipanasin dan dicampur-campur sama nasi dan isian. Bungkus dan bakar dan packing, sebelum jam 7 sudah selesai. Semoga resep ini bermanfaat dan dapat membuka pintu rejeki untuk siapa saja amiin.

Comments